Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang mengadakan kegiatan Vaksinasi Gratis khusus anjing,kucing dan kera, yang berlokasi di UPTD Perikanan dan Peternakan Wilayah Sumedang Kota.Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Rabies Dunia yang jatuh pada tanggal 28 September 2021,diharapkan dengan vaksinasi rabies dapat mencegah penularan rabies pada hewan penular rabies terutama bagi hewan yang hidup berdekatan dengan manusia.

Rabies adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus sejenis Lyssavirus. Virus rabies menyerang sistem saraf pusat. Bila orang yang terkena rabies tidak segera mendapatkan pengobatan medis, virus tersebut dapat menyebabkan penyakit di otak yang pada akhirnya mengakibatkan kematian. Virus rabies umumnya menyebar melalui kontak dengan air liur hewan yang terinfeksi. Biasanya, hewan yang terinfeksi menyebarkan virus dengan cara menggigit atau mencakar hewan lain atau manusia. Pada kasus yang jarang terjadi, penyebaran rabies bisa terjadi ketika air liur hewan tersebut masuk ke luka terbuka atau selaput lendir, seperti mulut dan mata. Hal itu bisa terjadi bila hewan terinfeksi menjilat luka terbuka pada kulit manusia.

Rabies bisa dicegah dengan berbagai cara. Cara terbaik untuk mencegah rabies dengan menghindari binatang liar, termasuk binatang yang terluka. Mengingat binatang peliharaan, seperti anjing dan kucing, juga berisiko terinfeksi rabies maka dianjurkan untuk memberikan vaksin pada binatang peliharaan. Bila digigit atau dicakar oleh binatang, segera cuci luka dengan menggunakan air mengalir dan sabun serta dianjurkan untuk menemui dokter untuk mendapatkan vaksin yang dapat mencegah rabies setelah digigit hewan.

(penerbit: diskanak.sumedangkab.go.id)